Senin, 25 Februari 2013

CONTOH TUTORIAL


CONTOH SOAL TRY OUT MULTIMEDIA

Kumpulan Soal Produktif Multimedia
1. Dibawah ini software pengolah gambar vektor/digital illustrator adalah…
a. CorelDraw c. Paintbrush
b. Photoshop d. Adobe After Effect
e. Macromedia Flash
2. Di bawah ini software pengolah gambar raster/digital imaging adalah…
a. CorelDraw c. Paintbrush
c. Adobe Photoshop d. Adobe After Effect
d. Macromedia Flash
3. Element gambar seperti image, bentuk, garis, teks, kurva, symbol, atau layer adalah…
a. object c. grafik vektor
b. gambar d. bitmap
e. palette
4. Image yang terbentuk dari rajutan atau sebarang sejumlah pixel atau titik adalah…
a. object c. grafik vektor
b. gambar d. bitmap
e. palette
5. Jenis teks yang dapat diberi efek khusus, misalnya efek emboss, lens, extrude pada CorelDraw adalah…
a. artistic text c. grafik text
b. paragraph text d. bitmap vektor
e. Extrude text
6. Image yang dibentuk berdasarkan deskripsi matematis yang menentukan posisi, panjang dan arah dari garis yang digambarkan adalah…
a. object c. grafik vektor
b. gambar d. grafik raster e. bitmap
7. Jenis teks yang dapat diberi opsi format dan dapat diedit dalam blok yang besar pada CorelDraw adalah…
a. artistic text c. grafik text
b. paragraph text d. bitmap vektor e. bitmap
8. Salah satu representasi gambar di dalam komputer adalah…
a. object c. bitmap
b. img d. vektor
e. raster
9. Gambar yang dipresentasikan dengan kurva dan garis yang didefinisikan dalam persamaan matematis disebut …
a. raster c. bitmap
b. vektor d. objek
e. creation
2
10. Salah satu program berbasis vektor dalam kategori program image creation untuk proses cetak adalah…
a. Adobe Illustrator c. CorelView
b. macromedia Dreamweaver d. Macromedia Firework
e. Macromedia Flash
11. Yang termasuk program berbasis vektor dalam kategori program image creation untuk web adalah.. a. Adobe Illustrator c. Coreldraw
b. Macromedia Freehand d. Macromedia firework
e. Macromedia Flasher
12. Yang termasuk program berbasis vektor dalam kategori program image creation untuk web adalah.. a. Adobe Illustrator c. Coreldraw
b. Macromedia Freehand d. Macromedia firefox
e. Macromedia Flash
13. Yang termasuk program berbasis vektor dalam kategori program CAD adalah… (
a. AutoCAD c. 3D Studio (MAX dan Viz)
b. Microtik d. Maya
e. Formz
14. Yang termasuk program berbasis vektor dalam kategori program CAD adalah…
a. AutoCADS c. 3D Studio (MAX dan Viz)
b. Microstation d. Maya
e. Formz
15. Yang termasuk program berbasis vektor dalam kategori program modeling adalah.. .
a. AutoCAD c. 3D Studio (MAX dan Viz)
b. Microstation d. Maza
e. Formze
16. Yang termasuk program berbasis vektor dalam kategori program modeling adalah…
a. AutoCAD c. 3D Studio
b. Microstation d. Maya
e. Formze
17. Yang termasuk program berbasis vektor dalam kategori program modeling adalah…
a. AutoCAD c. 3D Studio
b. Microstation d. Mayaz
e. Formz
18. Untuk keluar dari program aplikasi CorelDraw dapat menggunakan shortcut…
a. Alt + F1 c. Alt + F3
b. Alt + F2 d. Alt + F4
e. Alt + F5
3
19. Kumpulan titik disebut …
a. Resolusi c. Render
b. Intensitas d. Layer
e. Pixel
20. Jumlah pixel per centimeter adalah…
a. pixel c. render
b. resolusi d. layer
e. intensitas
21. Warna yang dimiliki oleh gambar adalah…
a. layer c. resolusi
b. pixel d. intensitas
e. render
22. Filter yang digunakan untuk efek 3 dimensi adalah…
a. pixel c. intensitas
b. resolusi d. layer
e. render
23. Suatu lapisan untuk proses menggambar adalah…
a. pixel c. resolusi
b. intensitas d. layer
e. render
24. Satuan dari resolusi adalah…
a. bit c. pixel
b. byte d. dpi
e. lumen
25. File berextensi .jpg maximum memiliki … warna
a. 256 c. 8 juta
b. 512 d. 16 juta
e. 32 juta
26. Jika file berextensi .gif maximum memiliki warna …
a. 256 c. 8 juta
b. 512 d. 16 juta
e. 32 juta
27. Untuk menutup program aplikasi photoshop bisa menggunakan shortcut…
a. CTRL + A c. CTRL + Y
b. CTRL + S d. CTRL + F
e. CTRL + Q
28. Painting tool pada photoshop yang digunakan untuk membuat gambar dengan memakai kuas adalah…
a. Painting brush c. eraser
b. pencil d. paint bucket
e. air brush
4
29. Painting tool pada photoshop yang digunakan untuk mengaburkan gambar adalah…
a. sharpen c. type
b. blur d. custom shape
e. smudge
30. Di bawah ini adalah salah satu jenis kabel data yang sering digunakan dalam printer yaitu …
a. com 1 c. serial
b. com2 d. console
e. USB
31. Satu peralatan yang digunakan untuk melakukan entry data ke dalam system komputer adalah…
a. printer c. plotter
b. scanner d. speaker
e. LCD Proyektor
32. Untuk menentukan transparent gambar pada photoshop maka digunakan …
a. Opacity c. Blur
b. Wet Edges d. Smudge
e. type
33. Di bawah ini adalah salah satu aplikasi yang digunakan untuk mengolah gambar dari scanner adalah…
a. CorelDraw c. CorelView
b. Adobe Photoshop d. Adobe After Effect
e. Pinacle
34. Aplikasi yang bisa digunakan untuk transfer data antar komputer dan sering digunakan untuk download atau upload file di internet adalah…
a. Microsoft Word c. TCP/IP
b. FTP d. TFP
e. Browser
35. Yang dimaksud dengan Public FTP Server adalah…
a. Private Server c. FTP lite
b. Core FTP d. Anonymous FTP Server
e. General FTP
36. Melakukan proses menggeser objek, yaitu melakukan klik, kemudian klik tersebut ditahan dan digeser ke tempat lain disebut …
a. drag c. drop
b. crop d. select
e. klik
37. Efek animasi pada objek ketika objek sudah berada dalam slide presentasi disebut
a. Motion c. Emphasis
b. Motion path d. Custom Animation
e. Slide animation
5
38. Efek animasi pada objek berupa gerakan mengikuti alur yang ada adalah…
a. Motion c. Emphasis
b. Motion path d. Custom Animation
e. Slide animation
39. Untuk membuat slide presentasi pada dengan menggunakan animasi standar yang telah disediakan program dapat dilakukan dengan cara…
a. Slide Show > Animation Standard c. Slide Show > Standard Animation
b. Slide Show > Scheme Animation d. Slide Show > Custom Animation
e. Slide Show > Animation Scheme
40. Untuk membuat animasi pada setiap objek pada power point, maka menggunakan…
a. Slide Show > Animation Standard c. Slide Show > Standard Animation
b. Slide Show > Scheme Animation d. Slide Show > Custom Animation
e. Slide Show > Animation Scheme
41. Efek pada powerpoint akan dijalankan bersama-sama dengan efek yang dijalankan sebelumnya adalah…
a. On Click c. With Next
b. With Previous d. After Previous
e. After Click
42. Kecepatan efek pada powerpoint lambat sekali, maka speed yang dipilih adalah…
a. Very Slow c. fast
b. Ver Slowly d. Very fast
e. medium
43. Untuk membuat presentasi menjadi looping maka, masukke menu Slide Show ….
a. Menu Show c. Custom Animation
b. Custom Show d. Custom Slide
e. Cusctom Slide Show
44. Slide presentasi dapat diberi efek antara satu slide dengan slide lainnya, dengan cara masuk menu Slide Show …
a. Slide > Custom Slide c. Slide Transition
b. Slide > d. Slide Animation
e. Slide Time Line
45. Komputer induk yang bertugas untuk melayani komputer-komputer klien disebut …
a. klien c. wokstation
b. server d. klien-server
e. server-klien
46. Mesin bantu pencari data atau informasi di internet disebut …
a. search c. search engine
b. Find d. search find
e. search client
6
47. Di bawah ini termasuk software desain web adalah…
a. Microsoft Office c. Macromedia Flash
b. Apache d. Macromedia Dreamweaver
e. Adobe Photoshop
48. Di bawah ini termasuk software desain web adalah…
a. Microsoft Office c. Macromedia Flash
b. Adobe Image Ready d. Internet explorer
e. Adobe Photoshop
49. Di bawah ini termasuk software desain web adalah…
a. Microsoft Office c. Macromedia Flash
b. Microsoft Frontpage d. Internet explorer
e. Adobe Photoshop
50. Di bawah ini bukan termasuk web browser adalah…
a. Windows Explorer c. Mozilla Firefox
b. Internet Explorer d. Opera
e. Netscape
51. Halaman-halaman web internet yang digunakan untuk berinteraksi antara user dengan informasi yang diterima atau dikirim adalah…
a. http c. web design
b. www d. website
e. html
52. Tag html yang digunakan untuk membuat baris baru adalah…
a. <b> c. <br>
b. </b> d. </br>
e. &nbsp;
53. Tag html yang digunakan untuk menambah satu spasi adalah…
a. <b> c. <br>
b. </b> d. </br>
e. &nbsp;
54. Kepanjangan dari URL adalah…
a. Uniform Resource Locator c. Universal Resource Location
b. Universal Resource Locator d. Uniform Resource Location
e. Uniform Resources Locator
55. Garis waktu atau pewaktuan yang terdapat dalam SwiSHmax disebut dengan…
a. Grouping c. Scane
b. Keyframe d. Time Line
e. Line Time
56. Tindakan yang dilakukan setelah adanya action adalah…
a. Download c. Event
b. Effect d. Export
e. Frame
7
57. Mengumpulkan beberapa obyek untuk dijadikan satu disebut…
a. grouping c. Combining
b. Dragging d. be one
e. scanning
58. Untuk menampilkan jendela help maka cukup dengan menekan tombol…
a. F1 c. F3
b. F2 d. F4
e. F5
59. Merupakan ukuran kecepatan movie dalam banyaknya frame per detik adalah…
a. frame per second c. Frame scane
b. movie in frame d. Frame speed
e. Frame Rate
60. Di bawah ini adalah extension file grafiks (vektor) adalah…
a. .bmp c. .png
b. .jpg d. .wmf
e. .gif
61. Data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerima disebut dengan …
a. Teknologi c. Multimedia
b. Informasi d. Teknologi Informasi
e. Teknologi Informasi dan Komunikasi
62. Film yang merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak disebut dengan
a. Film bergerak c. Film animasi
b. Film kartun d. Film flash e. Film effect
63. Software di bawah ini dapat digunakan untuk merekam suara adalah…
a. Powerpoint c. Adobe PhotoShop
b. WinAmp d. Macromedia Flash
e. Cool edit
64. Di bawah ini peripheral perekam gambar adalah…
a. MP3 Player c. LCD projektor
b. Kamera Digital d. LCD e. Monitor
65. Paket aplikasi Microsoft office yang digunakan untuk mengelolaan email adalah…
a. Microsoft Binder c. Microsoft Outlook
b. Microsoft Publisher d. Outlook Express
e. Microsoft Powerpoint
66. Pada software 3DSMax yang digunakan untuk memperbesar tampilan objek pada semua viewport adalah...
a. Zoom Out c. Zoom Extends
b. Zoom All d. Zoom In e. Zoom all object
8
67. Salah satu fasilitas discreet 3DSMAX yang berfungsi sebagai pengatur waktu animasi atau perangkat objek adalah ...
a. Boolean c. Light
b. material d. Dynamic Object e. Timeline
68. Extrude adalah perintah untuk ... garis yang telah dibuat menggunakan line pada aplikasi 3DSMax.
a. menebalkan c. mewarnai
b. melubangi d. menambah e. memotong
69. File format dari adobe photoshop adalah ...
a. cdr c. psd
b. avi d. rgb e. mpeg
70. Untuk membuat kelengkungan titik pada adobe photoshop adalah ...
a. convert point tool c. add anchor point tool
b. delete anchor point tool d. freeform pen
e. eraser tool
71. Script untuk menghentikan Animasi adalah ...
a. Play(); c. on(release);
b. Play() then Stop(); d. gotoAndPlay(); e. Stop();
72. Format yang digunakan dalam Animasi 2D adalah…
a. .jpeg c. .swf
b. .gif d. .wmf e. .xlsx
73. Script yang digunakan untuk pindah ke frame tertentu adalah...
a. go to frame c. go to frame and play
b. go to play d. go to play frame
e. move to play
74. Kabel yang digunakan untuk mencapture video dari handycam ke komputer adalah...
a. USB c. Console
b. video d. Fire Wire e. RCA
75. Tool yang digunakan untuk membuat objek bintang pada Corel Draw X4 adalah…
a. shape tool c. star tool
b. polygon tool d. ellipse tool e. text tool
76. Tool yang digunakan untuk membuat objek kotak pada Corel Draw adalah…
a. shape tool c. star tool
b. polygon tool d. ellipse tool
e. rectangle tool
77. Untuk memotong 2 (dua) objek yang bersinggungan pada Corel Draw digunakan...
a. Extrude c. Trim
b. Erase d. Intersect e. Weld
9
78. Kepanjangan dari CSS adalah...
a. Cascading Style sheet c. Cascading Style sheed
b. Cascading Style shoot d. Color Style Sheet
e. Chase Style sheet
79. Kepanjangan dari USB adalah…
a. Universal Save Bus c. Universal Serial Bus
b. Unit Serial Bus d. Uniform Serial Bus
e. United Serial Bus
80. Orang yang membuat website disebut dengan…
a. Web admin c. Administrator
b. web master d. Publisher e. programmer
81. Format file pada Flash MX adalah...
a. .wmf c. .swf
b. .avi d. . max e. .gif
82. Agar set foreground color berwarna hitam dan set background color berwarna putih pada photoshop maka cukup dengan menekan tombol…
a. A c. C
b. B d. D e. E
83. Agar set foreground color berwarna putih dan set background color berwarna hitam pada photoshop maka cukup dengan menekan tombol…
a. A c. C
b. B d. E e. X
84. Pada Kamera handycam, tombol yang digunakan untuk mengontrol zooming adalah ...
a. Play c. Record
b. Zoom in – Zoom out d. W------T e. menu
85. Primary memory memiliki sifat informasi bisa hilang ketika komputer dimatikan sering disebut dengan istilah
a. RAM c. Volatile
b. ROM d. NVRAM e. SDRAM
86. Dibawah ini termasuk media penyimpanan adalah…
a. Flashdisk, RAM, Mouse
b. Keyboard, Prosessor, RAM
c. Harddisk, Flashdisk, Disket
d. Sound Card, LAN Card, VGA Card
e. MMC, RAM, L Case
87. Salah satu software untuk menurunkan noise adalah…
a. Audio Software c. Cool Edit
b. Audio Video Software d. Noise Reduction Software
e. Pinnacle
10
88. Kecepatan mencetak pada sebuah printer menggunakan satuan…
a. dpi c. ppm
b. rpm d. second e. page per second
89. Resolusi warna pada pencetakan di printer menggunakan satuan…
a. dpi c. ppm
b. intensitas d. pixel e. pixel per inch
90. Teknologi printer yang menggunakan tinta disebut dengan…
a. Lazer c. Deskjet
b. Inkjet d. Bublejet e. Lazerjet
91. Spesifikasi printer yang menyatakan banyaknya kertas yang bisa masuk pada baki printer sering disebut…
a. Paper media c. In tray capacity
b. Tray paper d. Out tray capacity
e. In tray Out tray capacity
92. Ukuran kertas letter adalah…
a. 215 x 355 mm c. 210 x 297 mm
b. 215 x 279 mm d. 148 x 210 mm e. 184 x 267 mm
93. Ukuran kertas A4 adalah…
a. 8 x 11” c. 8,27 x 11,69”
b. 8 x 14” d. 5,83 x 8,27” e. 7,17 x 10,12“
94. Ukuran kertas A4 adalah…
a. 215 x 355 mm c. 210 x 297 mm
b. 215 x 279 mm d. 148 x 210 mm e. 184 x 267 mm
95. Ukuran kertas A4 adalah…
a. 21,59 x 27,94 cm c. 21 x 27,9 cm
b. 21 x 29,7 cm d. 14,8 x 21 cm e. 18,4 x 26,7 cm
96. 1 MB = … KB
a. 1000 c. 8
b. 1024 d. 9 e. 10
97. Wilayah yang masuk dalam pencetakan pada CorelDraw disebut dengan wilayah…
a. Print Area c. Print Setup
b. Printable Area d. Print Zoom e. Page Setup
98. Untuk member warna dalam suatu objek pada CorelDraw cukup dengan …. salah warna yang ada pada palette warna
a. klik c. drag
b. klik kanan d. geser e. drop
99. Salah satu representasi gambar di dalam komputer adalah…
a. object c. bitmap
b. img d. vektor grafik
e. raster
11
100. Salah satu program berbasis vektor dalam kategori program image creation untuk proses cetak adalah…
a. Adobe After Effect c. CorelDraw
b. Corel Capture d. Macromedia Firework
e. Macromedia Flash
101. Salah satu program berbasis vektor dalam kategori program image creation untuk proses cetak adalah…
a. Macromedia Freehand c. Corel Capture
b. Corel Capture d. Macromedia Firework
e. Macromedia Flash
102. Kepanjangan dari UPS adalah…
a. Uninterruptable Power Save c. Uninterruptable Power Supply
b. Unit Power Supply d. Unit Power Save
e. Unit Power Supply
103. Untuk dapat menghapus seluruh warna yang sama pada Adobe Photoshop maka bisa menggunakan tool…
a. Background erase tool c. Magic Erase tool
b. Erase tool d. Color Erase tool
e. The same erase tool
104. Perusahaan yang menjual domain website disebut dengan…
a. Domain enterprise c. ISP
b. Web Server d. Telkomnet
e. Web Hosting
105. Perusahaan yang menjual layanan koneksi internet disebut dengan…
a. Domain enterprise c. ISP
b. Web Server d. Telkomnet e. Web Hosting
106. Kepanjangan dpi adalah…
a. dot per inchi c. pixel per inchi
b. dop per centimeter d. dot per dot e. deep per inchi
107. Kepanjangan dari PCI adalah…
a. Peripheral Component Interface
b. Peripheral Component Interconnection
c. Peripheral Component Interconnect
d. Peripheral Computer Interconnect
e. Peripheral Computer Interconnection
108. Kepanjangan dari SCSI adalah…
a. Small Computer System Interface
b. Small Computer System Interconnect
c. Small Computer System Interconnection
d. Small Component System Interface
e. Small Computer System Interfaces
12
109. Kepanjangan dari IDE adalah…
a. Integrated Drive Electronic c. Intenface Drive Electronics
b. Integrated Drive Electronics d. Intenface Drives Electronics
e. Intenface Drive Electronic
110. Kepanjangan DMA adalah…
a. Device Memory Access c. Direct Most Access
b. Device Memories Accessible d. Direction Memory Access
e. Direct Memory Access
111. Kepanjangan RAM adalah…
a. Random Access Memory c. Random Accessible Memory
b. Read Access Memory d. Read Accessible Memory
e. Random Accessible Memory
112. Kepanjangan ROM adalah…
a. Random Only Memory c. Random Once Memory
b. Read Only Memory d. Read One Memory
e. Random On Memory
113. Kepanjangan MMU adalah…
a. Memory Management Units c. Memory Management Unit
b. Memory Manage Unit d. Memory Manager Unit
e. Memory Model Unit
114. Di bawah ini adalah software efek visual adalah…
a. Adobe After Effects c. Visual Effects
b. Macromedia Flash d. Pinnacle
e. 3DSMAX
115. Di bawah ini adalah software efek visual adalah…
a. Formz c. Visual Effects
b. Macromedia Flash d. Digital Fusion
e. 3DSMAX
116. Di bawah ini adalah software efek visual adalah…
a. Formz c. Visual Effects
b. Macromedia Flash d. Cool Fusion
e. 3 Boris FX
117. Di bawah ini adalah software efek visual adalah…
a. Formz c. Visual Effects
b. Combustion d. Cool Fusion
e. 3 Boris FXS
118. Kepanjangan dari GUI adalah…
a. Graphic User Interface c. General User Interface
b. Graphic Unit Interface d. General Unit Interface
e. Graphic Unit Interfaces
119. Jendela yang berfungsi sebagai monitor untuk melihat preview dari project yang dikerjakan pada Adobe After Effects adalah…
a. Jendela Composition c. Jendela Preview
b. Jendela layer d. Jendela project
e. Jendela Timeline
120. Fasilitas yang sangat menentukan dalam mengatur pemunculan setiap footage atau efek yang ditambahkan, selain itu juga untuk mengatur posisi dari setiap layer footage pada Adobe After Effects adalah…
a. Jendela Composition c. Jendela Preview
b. Jendela layer d. Jendela project
e. Jendela Timeline
I
H
G
F
E
D
C
B
A
121. Pada Gambar 1 (jendela Composition) di atas maka A adalah…
a. Safe Zone icon c. Time Display
b. Magnification menu d.Take Snapshot
e. Display Snapshot
122. Pada Gambar 1 (jendela Composition) di atas maka B adalah…
a. Safe Zone icon c. Time Display
b. Magnification menu d. Take Snapshot
e. Display Snapshot
13
14
123. Pada Gambar 1 (jendela Composition) di atas maka C adalah…
a. Safe Zone icon c. Time Display
b. Magnification menu d. Take Snapshot
e. Display Snapshot
124. Pada Gambar 1 (jendela Composition) di atas maka D adalah…
a. Safe Zone icon c. Time Display
b. Magnification menu d. Take Snapshot
e. Display Snapshot
125. Pada Gambar 1 (jendela Composition) di atas maka E adalah…
a. Safe Zone icon c. Time Display
b. Magnification menu d. Take Snapshot
e. Display Snapshot
126. Pada Gambar 1 (jendela Composition) di atas maka F adalah…
a. Safe Zone icon c. Time Display
b. (RGB Alpha Channel) d. Take Snapshot
e. Display Snapshot
127. Pada Gambar 1 (jendela Composition) di atas maka G adalah…
a. Safe Zone icon c. Time Display
b. (RGB Alpha Channel) d. Resolution Menu
e. Display Snapshot
128. Pada Gambar 1 (jendela Composition) di atas maka H adalah…
a. Safe Zone icon c. Time Display
b. (RGB Alpha Channel) d. Resolution Menu
e. Region of Interest
129. Pada Gambar 1 (jendela Composition) di atas maka I adalah…
a. Safe Zone icon c. Layer Wireframes
b. (RGB Alpha Channel) d. Resolution Menu
e. Region of Interest
130. Fasilitas yang disediakan Adobe After Effects yang berfungsi untuk mengatur bagaimana setiap layer ditampilkan dalam Composition adalah…
a. layer c. Effects
b. layer switch d. Quality
e. Shy

MEMAHAMI ETIMOLOGI MULTIMEDIA

  • Memahami etimologi multimedia Mendeskripsikan tentang multimedia
  • Mendeskripsikan tentang multimedia
    • Multimedia (multi = Banyak; media = medium/alat dan cara untuk mengkomunikasikan informasi)
    • Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu ([tool]) dan koneksi ([link]) sehingga pengguna dapat ber([navigasi]), berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi.
    • Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan . Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia Game.
  • Mendeskripsikan tentang multimedia
    • Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis.
    • Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri.
    • Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.
  • Mendeskripsikan tentang multimedia
    • Perkembangan teknologi Multimedia telah memberikan dampak yang banyak kepada bidang industri, yaitu:
        • Industri komputer.
        • Industri telekomunikasi ( telecommunication )
        • Industri penyiaran ( broadcasing )
  • Mendeskripsikan tentang multimedia
    • Komponen Multimedia
    • Ciri-ciri umum Sistem Komputer Multimedia
    • Ciri ini akan membedakan antara video dan televisi yang juga mengandungi gabungan teks, suara, animasi, musik dan klip video
  • Mendeskripsikan tentang multimedia
    • Ciri-ciri umum Sistem Komputer Multimedia
    • Mempunyai kemampuan untuk merubah Informasi dari analog seperti suara, musik dan video ke bentuk digital dan sebaliknya.
    • Interaktif yaitu pengguna bisa berkomunikasi walaupun tidak secara langsung. dengan data-data multimedia
  • Mendeskripsikan tentang multimedia
      • Empat Sifat Penting Produk Multimedia
    • 1. Komputer, untuk melakukan koordinasi tentang apa yang dilihat dan didengar oleh pemakai
    • 2. Links, yang menghubungkan dengan informasi
    • 3. Navigational tools, yang memungkinkan pemakai untuk menjelajahi informasi yang ditampilkan
    • 4. Cara, untuk berbagi, memproses, dan mengkomunikasikan informasi dan ide pemakai
  • Mendeskripsikan tentang multimedia
    • • Keunggulan multimedia :
    • 1. Menarik perhatian karena manusia memiliki keterbatasan daya ingat
    • 2. Media alternatif dalam penyampaian pesan diperkuat dengan teks, suara, gambar, video, dan animasi
    • 3. Meningkatkan kualitas penyampaian informasi
    • 4. Interaktif
    • • Kelemahan multimedia :
    • 1. Design yang buruk menyebabkan kebingungan dan kebosanan pesan tidak tersampaikan dengan baik
    • 2. Kendala bagi orang dengan kemampuan terbatas / cacat / disable
    • 3. Tuntutan terhadap spesifikasi komputer yang memadai

MEMAHAMI ETIMOLOGI MULTIMEDIA

  • Memahami etimologi multimedia Mendeskripsikan tentang multimedia
  • Mendeskripsikan tentang multimedia
    • Multimedia (multi = Banyak; media = medium/alat dan cara untuk mengkomunikasikan informasi)
    • Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu ([tool]) dan koneksi ([link]) sehingga pengguna dapat ber([navigasi]), berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi.
    • Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan . Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia Game.
  • Mendeskripsikan tentang multimedia
    • Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis.
    • Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri.
    • Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.
  • Mendeskripsikan tentang multimedia
    • Perkembangan teknologi Multimedia telah memberikan dampak yang banyak kepada bidang industri, yaitu:
        • Industri komputer.
        • Industri telekomunikasi ( telecommunication )
        • Industri penyiaran ( broadcasing )
  • Mendeskripsikan tentang multimedia
    • Komponen Multimedia
    • Ciri-ciri umum Sistem Komputer Multimedia
    • Ciri ini akan membedakan antara video dan televisi yang juga mengandungi gabungan teks, suara, animasi, musik dan klip video
  • Mendeskripsikan tentang multimedia
    • Ciri-ciri umum Sistem Komputer Multimedia
    • Mempunyai kemampuan untuk merubah Informasi dari analog seperti suara, musik dan video ke bentuk digital dan sebaliknya.
    • Interaktif yaitu pengguna bisa berkomunikasi walaupun tidak secara langsung. dengan data-data multimedia
  • Mendeskripsikan tentang multimedia
      • Empat Sifat Penting Produk Multimedia
    • 1. Komputer, untuk melakukan koordinasi tentang apa yang dilihat dan didengar oleh pemakai
    • 2. Links, yang menghubungkan dengan informasi
    • 3. Navigational tools, yang memungkinkan pemakai untuk menjelajahi informasi yang ditampilkan
    • 4. Cara, untuk berbagi, memproses, dan mengkomunikasikan informasi dan ide pemakai
  • Mendeskripsikan tentang multimedia
    • • Keunggulan multimedia :
    • 1. Menarik perhatian karena manusia memiliki keterbatasan daya ingat
    • 2. Media alternatif dalam penyampaian pesan diperkuat dengan teks, suara, gambar, video, dan animasi
    • 3. Meningkatkan kualitas penyampaian informasi
    • 4. Interaktif
    • • Kelemahan multimedia :
    • 1. Design yang buruk menyebabkan kebingungan dan kebosanan pesan tidak tersampaikan dengan baik
    • 2. Kendala bagi orang dengan kemampuan terbatas / cacat / disable
    • 3. Tuntutan terhadap spesifikasi komputer yang memadai

PENGERTIAN MULTIMEDIA INTERAKTIF

Secara etimologis multimedia berasal dari kata multi (Bahasa Latin, nouns) yang berarti banyak, bermacam-macam, dan medium (Bahasa Latin) yang berarti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu.  Kata medium dalam American Heritage Electronic Dictionary (1991) juga diartikan sebagai alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi (Rachmat dan Alphone, 2005/2006).
Beberapa definisi multimedia menurut beberapa ahli diantaranya:

  1. Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dkk, 2002)
  2. Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin dan Linda, 2001)
  3. Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter (2001) adalah: pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.
  4. Multimedia sebagai  perpaduan antara teks, grafik,  sound, animasi, dan video untuk menyampaikan pesan kepada publik (Wahono, 2007)
  5. Multimedia merupakan kombinasi dari data text, audio, gambar, animasi, video, dan interaksi (Zeembry, 2008)
  6. Multimedia (sebagai kata sifat) adalah media elektronik untuk menyimpan dan menampilkan data-data multimedia (Zeembry, 2008)
Berdasarkan pendapat-pendapat tersebut maka dapat disimpulkan bahwa multimedia merupakan perpaduan antara berbagai media (format file) yang berupa teks, gambar (vektor atau bitmap), grafik, sound, animasi, video, interaksi, dll. yang telah dikemas menjadi file digital (komputerisasi), digunakan untuk menyampaikan pesan kepada publik.
Pemanfaatan multimedia sangatlah banyak diantaranya untuk: media pembelajaran, game, film, medis, militer, bisnis, desain, arsitektur, olahraga, hobi, iklan/promosi, dll. (Wahono, 2007). Bila pengguna mendapatkan keleluasaan dalam mengontrol multimedia tersebut, maka hal ini disebut multimedia interaktif.
Thorn (2006) mengajukan enam kriteria untuk menilai multimedia interaktif, yaitu : (1) Kriteria pertama adalah kemudahan navigasi, (2) Kriteria kedua adalah kandungan kognisi. (3) Kriteria ketiga adalah presentasi informasi, (4) Kriteria keempat adalah integrasi media, (5) Kriteria kelima adalah artistik dan estetika dan (6) Kriteria penilaian yang terakhir adalah fungsi secara keseluruhan.
Multimedia interaktif menggabungkan dan mensinergikan semua media yang terdiri dari: a) teks; b) grafik; c) audio; dan d) interaktivitas (Green & Brown, 2002: 2-6).
a. Teks
Teks adalah simbol berupa medium visual yang digunakan untuk menjelaskan bahasa lisan. Teks memiliki berbagai macam jenis bentuk atau tipe (sebagai contoh: Time New Roman, Arial, Comic San MS), ukuran dan wana. Satuan dari ukuran suatu teks terdiri dari length dan size. Length biasanya menyatakan banyaknya teks dalam sebuah kata atau halaman. Size menyatakan ukuran besar atau kecil suatu huruf. Standar teks memiliki size 10 atau 12 poin. Semakin besar size suatu huruf maka semakin tampak besar ukuran huruf tersebut.
b. Grafik
Grafik adalah suatu medium berbasis visual. Seluruh gambar dua dimensi adalah grafik. Apabila gambar di render dalam bentuk tiga dimensi (3D), maka tetap disajikan melalui medium dua dimensi. Hal ini termasuk gambar yang disajikan lewat kertas, televisi ataupun layar monitor. Grafik bisa saja menyajikan kenyataan (reality) atau hanya berbentuk iconic. Contoh grafik yang menyajikan kenyataan adalah foto dan contoh grafik yang berbentuk iconic adalah kartun seperti gambar yang biasa dipasang dipintu toilet untuk membedakan toilet laki-laki dan perempuan.
Grafik terdiri dari gambar diam dan gambar bergerak. Contoh dari gambar diam yaitu foto, gambar digital, lukisan, dan poster. Gambar diam biasa diukur berdasarkan size (sering disebut juga canvas size) dan resolusi. Contoh dari gambar bergerak adalah animasi, video dan film. Selain bisa diukur dengan menggunakan size dan resolusi, gambar bergerak juga memiliki durasi.
c. Audio
Audio atau medium berbasis suara adalah segala sesuatu yang bisa didengar dengan menggunakan indera pendengaran.  Contoh: narasi, lagu, sound effect, back sound.
d. Interaktivitas
Interaktivitas bukanlah medium, interaktivitas adalah rancangan dibalik suatu program multimedia. Interaktivitas mengijinkan seseorang untuk mengakses berbagai macam bentuk  media atau jalur didalam suatu program multimedia sehingga program tersebut dapat lebih berarti dan lebih memberikan kepuasan bagi pengguna. Interaktivitas dapat disebut juga sebagai interface design atau human factor design.
Interaktivitas dapat dibagi menjadi dua macam struktur, yakni struktur linear dan struktur non linear. Struktur linear menyediakan  satu pilihan situasi saja kepada pengguna sedangkan struktur nonlinear terdiri dari berbagai macam pilihan kepada pengguna.

Green & Brown (2002: 3) menjelaskan, terdapat beberapa metode yang digunakan dalam menyajikan multimedia, yaitu:
a.       Berbasis kertas (Paper-based), contoh: buku, majalah, brosur.
b.      Berbasis cahaya (Light-based), contoh: slide shows, transparasi.
c.       Berbasis suara (Audio-based), contoh: CD Playerstape recorder, radio.
d.      Berbasis gambar bergerak (Moving-image-based), contoh: televisi, VCR (Video cassette recorder), film.
e.       Berbasiskan digital (Digitally-based), contoh: komputer.

SOFTWARE MULTIMEDIA


Software Pengolah Multimedia

Software Multimedia adalah software yang digunakan untuk mengolah beberapa media informasi, seperti teks, image/gambar, audio, grafik, video, dan interaktif. Software Multimedia tersebut dapat didapat dari yang berlisensi sampai yang Open Source..
Berikut adalah macam-macam software pengolah Multimedia yang open source dan berlisensi.


OPEN SOURCE.
1. Windows Media Player, bersifat open source dan diproduksi oleh Microsoft Corp. Software ini    ikut  dalam paket Microsoft Windows. Digunakan untuk memainkan informasi dalam bentuk audio dan video. Dapat diperoleh di www.soft-games.com
2. Winamp, bersifat freeware/open source dan diproduksi oleh Nullsoft Inc. Digunakan untuk memainkan MP3 Player/audio maupun video player. Dapat diperoleh di www.soft-games.com
3. WinDVD, bersifat open source dan diproduksi oleh Intervideo. Digunakan untuk memutar video..
4. PowerDVD, bersifat open source dan diproduksi oleh Cyberlink. Digunakan untuk memutar video.
5. Musicmatch Jukebox, bersifat open source dan diproduksi oleh Musicmatch Inc. Digunakan untuk memainkan musik.
6. DivX Player, bersifat freeware atau open source, diproduksi oleh DivXNetwork Inc. Digunakan untuk memainkan audio maupun video.
7. Real Player, bersifat open source dan diproduksi oleh Real Networks. Digunakan untuk memutarkan audio dan video. dapat diperoleh di www.soft-games.com
8. XMMS, audio player bersifat open source dan dibawah lisensi GNU General Public License. Digunakan untuk memainkan audio.
9. Xine, DVD player yang bersifat open source dan dibawah lisensi GNU General Public License.      Digunakan untuk memainkan informasi dalam bentuk video.
10. Adobe Premiere Pro, bersifat open source dan diproduksi oleh Adobe Systems. Digunakan untuk mengedit dan memanipulasi informasi dalam bentuk video dan audio.
11. Adobe Premiere Elements, bersifat open source dan diproduksi oleh Adobe Systems. Kegunaannya sama dengan Adobe Premiere Pro.
12. Windows Movie Maker, bersifat open source dan diproduksi Microsoft Corp. Kegunaannya untuk mengedit informasi dalam bentuk video.
13. Pinnacle Studio, bersifat open source dan diproduksi oleh Pinnacle Systems. Digunakan untuk mengedit
audio dan video.
14. TMPGEnc, bersifat open source dan diproduksi oleh Pegasis Inc.Digunakan untuk mengedit suara maupun video.
15. ACDSee, bersifat open source dan diproduksi oleh ACD Systems. Digunakan untuk melihat (view) image secara terorganisasi pada sebuah direktori.
16. XNView, bersifat freeware dan diproduksi oleh Pierre-e Gougelet. kegunaanya untuk melihat gambar.
17. Power Animator, merupakan generasi pendahulu dari Maya untuk membuat animasi. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Alias Systems Corporation.
18. Microsoft Picture Manager, bersifat open source dan diproduksi oleh Microsoft Corp. Digunakan untuk melihat picture.
19.  Microsoft Picture and Fax Viewr, bersifat open source dan masuk dalam paket Microsoft Windows. berguna untuk melihat photo.
20. VLC Media Player, bersifat open source dan diproduksi oleh Nullsoft Inc. yang digunakan untuk memutar video dan audio.
21. Corel Draw, merupakan vector image editor. Bersifat open source dan diproduksi oleh Corel Corporation. Digunakan untuk mengedit, menggambar image. Dapat diperoleh di www.soft-games.com
22. Microsoft Paint, merupakan bitmap image editor. Bersifat open source dan masuk dalam paket Microsoft Windows. Digunakan untuk mengedit image. Dapat diperoleh di www.soft-games.com
23.  Macromedia Flash, merupakan perangkat lunak animasi yang banyak digunakan, baik untuk web, presentasi, dll. Bersifat open source dan diproduksi oleh Macromedia Inc. Dapat diperoleh di www.soft-games.com
24. 3D Studio Max, bersifat open source dan diproduksi oleh Autodesk Media & Entertainment. Digunakan untuk membuat, mengedit, dan memanipulasi informasi dalam bentuk gambar 3 dimensi.
25. Silo 3D Modelling, bersifat open source dan diproduksi oleh  Nevercenter Ltd. Co. Dugunakan untuk membuat gambar 3D.
LISENSI.
1. Movieworks, bersifat lisensi/berbayar dan diproduksi oleh Win, mac yang digunakan untuk menggunakan video, suara,animasi, cat dan alat editing gambar dengan urutan berdasarkan waktu kuat, berorientasi objek dan program authoring. Lima MovieWorksterintegrasi Deluxe aplikasi produksi bekerja sama mulus, sehingga mudah untuk memasukkan video analog atau digital, tombol, foto, grafik, animasi,3D, narasi, MIDI, MP3, CD musik, teks dan sertifikasi, dan film bahkanrealitas virtual ke menakjubkan, profesional-kualitas multimedia produksi. 
2. Mediablander,bersifat lisensi dan diproduksi oleh Win, Mac yang digunakan  mudah untuk menggunakan paket multimedia authoring.MediaBlender akses dari komputer manapun dengan akses Internet, tuan rumah perangkat lunak pada server Anda sendiri untuk kinerja yang lebih baik, dan beban sebuah aplikasi yang berdiri sendiri pada komputer Andauntuk digunakan tanpa koneksi internet.
3. Blender 3D, adalah sebuah software editing 3 Dimensi berlisensi GNU . Software ini dapat digunakan untuk  untuk editing obyek 3 Dimensi. Fungsinya hampir sama dengan software maya dan 3D Studi Max. Blender dapat berjalan di sistem operasi berbasis windows dan linux.
4.
Adobe Photoshop, merupakan vector dan bitmap image editor. Bersifat open source dan diproduksi oleh Adobe Systems. Digunakan untuk melukis, menggambar, mengedit dan memanipulasi image atau gambar secara interaktif pada sistem komputer.  Dapat diperoleh di www.soft-games.com.
5. CloneDVD,
bersifat lisensi Fungsinya untuk meng-cloning DVD/CD persis aslinya dan bisa di-convert
ke pelbagai target spt AVI, ASF, iPod MP4, PSP MP4, 3GP, ISO file, dll. Disamping itu bisa menembus sekaligus mem-bypass pelbagai proteksi DVD, sepeti dual layer. dapat diperoleh di
http://www.mixzhare.com/thread-8164.html.
6. 3DMark : Software yang bisa mendeteksi kemampuan kartu grafis (VGA Card) komputer Anda. Versi terbaru software ini harus didukung oleh DirectX versi 9.Pengujian dilakukan dalam 4 tahap. Semakin tinggi score, semakin tinggi kemampuan kartu grafis yang Anda gunakan.
7. Gim : Software untuk mengedit photo. Menambah warna, tulisan dan masih banyak lagi. Software ini tidak kalah dengan adobe photoshop. 
8. XTreme : Software pengolah gambar. Bisa memberi efek 3D pada tulisan/gambar yang dibuat. Menambah teks, memberi efek warna, efek pandangan dan masih banyak fitur lainnya.
9. Faststone :Software ini mampu melihat photo/gambar, mengkonversi, mengcapture dan memotong photo/gambar. Mampu memberikan efek pada photo/gambar, memberi bingkai photo/gambar. Tersedia slide show untuk menampilkan koleksi gambar/photo Anda.  
10. Inscape : Software yang bisa digunakan untuk membuat gambar dalam bentuk vektor. Software ini tidak kalah dengan coreldraw maupun Macromedia freehand.  
11. 3D Canvas : Software untuk membuat tampilan 3D. Anda bisa mengatur posisi kamera sehingga bisa dilihat dari berbagai arah.  
12. 3D Home : Software untuk mendesain rumah beserta furniturenya. Anda tinggal menambah beragam pilihangambar/asesoris yang disediakan. 
13. Google : Software yang digunakan untuk mendesain bangun 3D. Rumah, jembatan dan bangun lainnya bisa Anda desain. 
14. Font Twister : Software yang digunakan untuk membuat animasi text dengan berbagai efek. Biasa digunakan untuk text di website, slide presentasi, multimedia project dan lainnya. Banyak fasilitas yang ada, diantaranya soften, sharpen, rotate, mirror.  
15. W-Reflections : Software yang bisa menambah efek hujan, salju yang turun, air yang menggenang dalam gambar/foto Anda. Bisa membuat gambar Anda menjadi lebih hidup.  
16. GadwPrint Screen : Software yang digunakan untuk meng-capture gambar yang ada di layar monitor komputer Anda. Dalam mengcapture ada pilihan current window, client window, full screen dan rectangular area.  
17. PDF Editor : Selain mampu membaca file Pdf, software ini juga mampu mengedit teks, seperti menambah atau menandai teks yang penting. Anda bisa menambah link file pdf atau file audio/videopada teks tertentu. Bisa memberi tambahan gambar, object dan masih banyak fasilitas lainnya. 
18. R-player : Software Pemutar file video/audio. Bisa digunakan untuk mendownload file video dari internet. Mampu memblok pop up saat Anda sedang mendownload. 
19. Audi : Program untuk mengedit file audio. Memotong, memperbanyak, menyatukan track, merekam dan memberi efek khusus pada suara.  
20. Audio Basic : Selain bisa membaca file audio/video, software ini juga mampu mengubah format file audio/video. Anda juga bisa mengedit dan merekam dan meggabungkan file audio yang telah Anda rekam. 
21. Converter : Software yang bisa mengubah format video yang Anda download dari youtube.com menjadi format MP3. 
22.  Rip Mp3 : Software untuk merubah format file CD audio menjadi bentuk MP3 atau WAV.
23. 3D Pictures : Software untuk menampilkan screen saver 3D. foto-foto yang Anda pilih seperti berada di gedung pameran, ada juga desain dlam rumah. Anda bisa install desain yang baru dengan mendownload di situsn 
24.   Magnetic : Software untuk menampilkan wallpaper & screen saver dengan banyak pilihan. Anda bisa memilih wallpaper jenis binatang, pemandangan alam, manusia, sport dan lainnya. Ada banyak pilihan screen saver 3D yang akan menyejukkan pandangan mata Anda. 
25. U Cool 3D : Software yang bisa digunakan untuk membuat desain 3D. Fasilitas membuat garis,segitiga, polygon juga ada. Anda bisa tampilkan karya Anda dengan software ini di website Anda agar tampil lebih menarik. Penggunaan software ini terbatas dalam 15 hari. 
software multimedia opensource terbaik
• Blender
 
bagi kalangan pengguna opensource mungkin sudah tidak asing lagi dengan software yang satu ini, blender merupakan software untuk membuat gambar dan modeling 3D berbasis opensource, aplikasi ini sangat terkenal bagi para pengguna linux para designer 3D, sebut saja sintel, kajimba, man in man, dan lain-lain merupakan contoh film animasi 3D yang dibuat menggunakan blender.
Perbandingan dengan Cinema 4D, 3Ds Max, dan Maya
Blender merupakan software opensource yang powerfull untuk pembuatan animasi 3D yang menakjubkan dan kita tidak perlu mengeluarkan cost yang besar untuk membeli lisensi dari software blender. software ini merupakan software yang multi platform dan bisa dipakai di semua sistem operasi baik Windows, MacOS, terlebih lagi Linux.
Cinema 4D, bisa saya bilang software menengah untuk software berbayar, karena untuk satu lisensi saja kita harus merogoh kocek sekitar 1000$, namun anda bisa membeli addons tambahan jika ingin meningkatkan fungsionalitas dari Cinema 4D. software ini memiliki kelebihan yaitu memiliki antar muka atau interface yang sangat intuitif dan memiliki detail body paint yang sangat bagus.
3Ds Max, merupakan software yang sangat terkenal dikalangan para designer 3D besutan Autodesk dan memiliki komunitas online terbesar di dunia, yang saya tahu bukan merupakan merupakan software yang multi platform karena hanya tersedia untuk microsoft windows.
Maya, juga merupakan produk dari Autodesk, yang hampir sama dengan Cinema 4D, di khususkan untuk kalangan menengah. tapi saya taksir kalau Maya lebih ke animasinya sedangkan 3Ds max lebih kepada pembuatan dunia virtual, arsitektur dan lain-lain.

• GIMP (GNU Image Manipulation Program)
 

anda pernah dengar photoshop?
kalau anda pernah dengar photoshop, pasti anda juga pernah dengar dengan yang namanya GIMP, yang menurut saya software ini merupakan software yang menjadi saingannya adobe photoshop, saya tidak mau menyebut GIMP tiruan microsoft untuk Linux. karena GIMP berbeda dengan photoshop walaupun memiliki fungsi yang saya dengan photoshop yaitu memanipulasi image atau gambar.
GIMP merupakan software opensource alias sumber terbuka alias GRATIS!!, yang multiplatform karna bisa berjalan di linux, MacOS dan windows. coba saja anda bandingkan dengan photoshop yang bertengger di kisaran harga >1000$ , maka GIMP lebih ekonomis.
• Inkscape Vector Graphics Editor
 

Inkscape merukan software opensource ketiga rekomendasi saya, merupakan saingan terberat CorelDraw dan Adobe Ilustrator :P, software ini merupakan alternatif para designer dan banyak yang bilang inkscape merupakan permata tersembunyi. banyak dari designer profesional yang menggunakan inkscape (meskipun mereka telah membeli Ilustrator dari adobe) karena inkscape memiliki fitur yang lebih bagus apalagi jika dikombinasika antara adobe ilustrator dan inskscape.

• Scribus
scribus merupakan alternatife dari adobe indesign, scribus merupakan software desktop publishing (DTP) yang saya anngap terbaik, karena merupakan software open source berlisensi GNU GPL yang banyak digunakan sebagai program layout halaman yang handal, software ini dapat menghsilkan output dalam bentuk PDF dan Postscript yang memiliki kualitas setara dengan yang dihasilkan oleh software-software komersial terkenal seperti Pagemaker, Indesign ataupun QuarkExpress.

• OpenOffice.Org
barangkali software multimedia ini amat penting bagi penggguna linux khususnya. ya, software ini saya masukkan karena fungsionalitas dang kompatabilitasnya dengan software lain terutama software Office yang dikeluarkan oleh Microsft yaitu Microsoft Office.
OpenOffice.Org merupakan aplikasi perkantoran yang memiliki fungsi sebagai pengolah kata, spreadsheet, grafis, dan presentasi. aplikasi inim memilike dukungan di hampir semua platform dan sistem operasi, salah satu kelebihannya adalah meimiliki dukungan hampir semua bahasa di dunia, dan memiliki kehandalan mengenali semua dokumen aplikasi perkantoran lain seperti Microsoft Office, serta yang paling penting bisa digunakan dimana saja, bebas dan tanpa biaya sedikitpun. karena OpenOffice.Org merupakan aplikasi berbasis kode terbuka yang berlisensi GNU GPL. software ini mudah digunakan dan memiliki komunitas yang siap untuk mengembangkan software ini menjadi lebih powerfull untuk keperluan aplikasi perkantoran.
okke, mungkin itu software-software yang menurut saya terbaik di lingkungan open source untuk software multimedia, semoga dapat menjadi inspirasi dan dorongan bagi anda untuk berlaih menggunakan software-software opensource. mohon maaf bila saya masih ada kekurangan.